Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 04 April 2013

Mengulas Sedikit Tentang Belanda dan Belgia


Negara tetangga perancis disbelah utara adalah Belgia. Di Belgia terdapat banyak sekali lonceng. Tidak saja digereja tetapi juga terdapat di gedung pertemuan umum dan digedung lainnya. Lonceng tersebut tidak hanya digunakan untuk menunjukan waktu saja tetapi lonceng tersebut juga juga digunakan pada hari Minggu dan hari-hari raya umat kristiani. Satu setnya ada yang terdiri dari 50 macam lonceng berbagai ukuran. Nada lonceng ditentukan dari besar kecilnya lonceng. Lonceng yang besar untuk untuk nada rendah dan lonceng kecil untuk nada tinggi.

Ibukota Belgia bernama Brussels. Di selatan Brussels ada kota yang dinamakan Waterloo, yang dikenal menjadi tempat peperangan pada masa lampau. Pada perang dimasa lampau, Napoleon mengalami kekalahan besar dan tiba dikota ini (Waterloo). Untuk memperingati peristiw ini maka dibuatlah patung diatas bukit dikota ini yang berbentuk singa.

Makin keseblah utara Belgia , tanah semakin rendah dan kita akan sampai di Belanda. Banda disebut juga Natherlands yang berarti "tanah rendah". Negeri ini letaknya lbih rendah daripada lautan, maka orang Belanda membuat dam atau bendungan yang membendung lautan agar airnya tidak air laut tidak masuk kedaratan. Air yang muncul dari dam setiap waktu dikembalikan kelaut lagi dengan pompa mesin atau kincir angin. Maka tak heran Belanda disebut juga sebagai Negara Seribu Kincir Angin.

Diutara negeri Belanda terdapat sebuah teluk bernama Zuiderzee, yang menyusup ke dalam dari laut utara. Namun dengan kejeniusan orang Belanda teluk ini ditutup dengan dibuatnya bendungan besar. Kemudian teluk tersebut menjadi danau yang sekarang bernama danau Ijsel. Danau ini pun kemudian dikeringkan dan menjadi lahan pertanian.

Orang Belanda amat senang dengan kebersihan dan kerapihan. Rumah mereka diatur dengan rapih dan bersih, bahkan rumah-rumah hewan ternak pun di rawat seperti layak rumah seseorang. Maka tak jarang terlihat kandang sapi yang berjendela dan memakai hordeng.

Ciri khas orang belanda ialah menggunakan terompa kayu yang tebal. Orang laki-laki memakai celana yang longgar. Sedangkan perempuannya menggunakan gaun yang mengembang dan memakai tutup kepala berwarna putih pada jaman dahulu.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar